Seragam Kerja Batik, 4 Macam Motif Batik yang Sering Dijadikan Seragam Kerja Batik

Seragam Kerja Batik, 4 Macam Motif Batik yang Sering Dijadikan Seragam Kerja Batik

seragam kerja batik, model seragam kerja wanita berjilbab, model seragam batik guru, baju seragam batik keluarga, model seragam batik kombinasi, model seragam batik pegawai bank, model seragam batik pramugari, model baju batik kerja lengan panjang, model baju batik kerja kombinasi

4 Macam Motif Batik yang Sering Dijadikan Seragam Kerja Batik

Batik sebagai salah satu warisan kekayaan budaya Indonesia memang perlu dilestarikan agar tetap menjadi milik Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan mengenakan pakaian yang berbahan batik sesering mungkin, tidak hanya pada tanggal 2 Oktober yang diperingati sebagai hari batik. Batik dapat dijahit menjadi seragam kerja batik yang elegan sekaligus terlihat profesional.

Tidak asal-asalan dibuat oleh para pendahulu kita, motif batik yang beragam ternyata memiliki maknanya tersendiri. Makanya, setiap kali seseorang memakai batik, dia sebetulnya sudah melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam motif batik tersebut. Mau tahu apa saja motif yang sering dijadikan seragam kerja dan arti yang terkandung di dalamnya? Simak dalam ulasan di bawah ini.

  1. Motif Mega Mendung

Motif mega mendung ini merupakan batik ciri khas Cirebon. Dinamakan mega mendung karena motifnya berbentuk seperti awan yang bergulung-gulung dan memenuhi kain seperti halnya langit yang sedang mendung.

 

Walaupun namanya diartikan secara harfiah ‘awan mendung’, ternyata seragam kerja batik yang satu ini memiliki makna filosofis yang cukup mendalam. Manusia yang memakainya diharapkan mampu meredam amarah atau emosinya dalam situasi dan kondisi genting. Mega mendung juga berarti lambang pemimpin dengan awan yang bermakna mampu mengayomi para staf yang dipimpinnya.

  1. Motif Kawung

Motif batik selanjutnya yang dapat dijadikan seragam kerja batik adalah motif kawung. Motif ini cukup populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai seragam kerja. Bentuk motifnya menyerupai kolang-kaling yang disusun membentuk persegi empat berderet. Dahulu, batik kawung masuk dalam daftar motif larangan Keraton yang hanya boleh dipakai oleh para anggota kerajaan.

Motif kawung pun memiliki makna filosofisnya tersendiri. Para pemakainya diharapkan mampu untuk mengendalikan diri dengan sempurna, tidak ada keinginan untuk membanggakan diri (ria). Selain itu, motif kawung juga bermakna bahwa usaha yang keras akan mampu membuahkan hasil yang memuaskan, walaupun memakan waktu yang cukup lama. Sebuah makna filosofis yang cocok untuk seragam kerja para karyawan, bukan?

  1. Batik Sidamukti

Tak hanya populer untuk digunakan ke acara pernikahan, motif batik yang satu ini juga cocok untuk dijadikan seragam kerja. Batik sidamukti memiliki motif yang simetris dan terlihat sangat tradisional namun tetap elegan. Setiap kotak ketupat yang menjadi motif batik sidomukti memiliki isian ornamen yang sangat beragam. Batik motif sidomukti ini memang lebih banyak dipakai oleh wanita, sangat cocok untuk seragam kerja di perusahaan yang mayoritas karyawannya wanita, namun tak menutup kemungkinan untuk dipakai kaum Adam juga.

Sidomukti berasal dari dua kata, yaitu sido (terus-menerus) dan mukti (hidup berkecukupan dan bahagia). Dengan memakai batik motif sidomukti, seseorang diharapkan mampu hidup terus menerus secara berkecukupan dan bahagia. Untuk seragam kerja, tentunya makna filosofis ini sangat pas dan dapat diaplikasikan.

  1. Batik Pekalongan

Motif batik terakhir yang sangat populer untuk dijadikan seragam kerja batik adalah batik Pekalongan. Batik Pekalongan dikenal dengan motif-motif yang indah dan menarik, biasanya dilengkapi dengan gambar berbagai macam bunga.

Beberapa jenis batik Pekalongan memiliki motif yang dipengaruhi pula oleh bangsa Tiongkok, karena para pengrajin batik disana juga banyak orang-orang keturunan. Motif batik pekalongan memiliki banyak bentuk yang realistis dengan warna-warna yang cerah seperti biru, merah, hijau, ungu, kuning, dan lain sebagainya. Dengan warna-warna cerah ini, tentunya seragam kerja batik akan menambah semangat para pekerja untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Ingin membuat seragam kerja batik untuk kantor Anda? Mudah saja caranya, kami siap melayani Anda melalui Whatsapp /telepon di nomor : 0895-3444-73937. info lengkap >> SERAGAM KERJA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *